Minggu, 27 Oktober 2019

Ady Lab: 9 Manfaat dan Aplikasi DO Meter | Hargadometer.com Jual DO Meter Lutron 5510, YSI PRO 20, Hanna HI 9142

9 Manfaat dan Aplikasi DO (Dissolved Oxygen) Meter

Harga DO Meter YSI, Harga DO Meter Lutron, Jual DO Meter Lutron 5510, Jual DO Meter Lutron, Harga DO Meter, Jual Dissolved Oxygen Meter, Jual DO Meter Murah
Apa saja aplikasi DO meter? Lihat di artikel ini
Dissolved oxygen (DO) meter digunakan untuk mengukur jumlah oksigen dalam cairan.

Aplikasi pengukuran oksigen dalam cairan ini sangat banyak baik dalam kehidupan sehari-hari hingga di dunia industri.


Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut 9 manfaat dan aplikasi DO Meter:

1. DO Meter Untuk Budidaya Ikan, Udang, dan Makhluk Hidup Akuatik

DO meter untuk budidaya ikan dan makhluk akuatik sangatlah urgen dalam skala apapun

Bahkan bisa dibilang control dissolved oxygen adalah kunci utama dari budidaya ikan dan akuatik ini.

Pertama, Baik skala kolam ikan di rumah hingga tambak ikan besar, pengukuran dissolved oxygen sangatlah penting untuk memastikan ketersediaan oksigen agar ikan tetap hidup.

Para pemilik kolam harus memiliki informasi level DO minimal dan maksimal bagi masing-masing ikan dan makhluk akuatik yang dibudidayakan.

Hal ini karena kadar DO tidak boleh terlalu rendah maupun terlalu tinggi karena titik ekstrim keduanya membahayakan kehidupan.

Sama saja dengan manusia bukan? Manusia menghirup oksigen dengan kadar oksigen di atmosfer sebesar 20,95%.

Harga DO Meter YSI, Harga DO Meter Lutron, Jual DO Meter Lutron 5510, Jual DO Meter Lutron, Harga DO Meter, Jual Dissolved Oxygen Meter, Jual DO Meter Murah
Harga DO Meter Lutron 5510 murah, handal untuk berbagai aplikasi
Jika kadar oksigen kurang jauh dari itu, maka kita akan merasakan sesak karena kekurangan oksigen.

Namun jika lebih jauh dari itu, justru kita akan mengalami yang namanya keracunan oksigen yang dapat merusak sel, darah, sistem saraf, mata, hingga kematian.

Hal demikian juga terjadi pada ikan dan makhluk akuatik lainnya. Anda pernah melihat ikan mangap-mangap ke permukaan bukan?

Jika ikan Anda mangap-mangap ke permukaan (bukan sedang pemberian makan), itu adalah tanda bahwa kadar DO pada air Anda rendah.

Hal itu memaksa ikan naik ke permukaan untuk mengambil oksigen secara langsung dari atmosfer.

Jelas, hal itu sangat tidak baik bagi ikan, karena normalnya sumber oksigen dia adalah dari air yang kemudian diikat oleh hemoglobin di filamen insang.

Sementara itu, jika kadar DO pada air sangat tinggi (di atas 14 mg/L), hal ini dapat menyebabkan “gas bubble disease” atau penyakit gelembung udara.

Gelembung udara akan menyumbat aliran darah pada pembuluh menyebabkan kematian. Penyakit gelembung eksternal juga dapat timbul dan terlihat di sirip, sisik, dan daging.

Kedua, kadar DO juga mempengaruhi produktivitas dan pertumbuhan budidaya ikan dan akuatik.

Yovita John Mallya dari Kingolwira National Fish Farming Centre mempublikasikan studinya berjudul THE EFFECTS OF DISSOLVED OXYGEN ON FISH GROWTH IN AQUACULTURE (2007).

Ia melakukan percobaan dengan ikan halibut seberat 20-50 g dengan variasi saturasi oksigen pada 60%, 80%, 100%, 120% dan 140%.

Ia menemukan bahwa, dalam studinya untuk kasus ikan atlantic halibut, laju pertumbuhan yang tinggi (paling baik dalam studinya) adalah pada level oksigen antara 80% and 120%.

Mr. Brian Oram, PG dari Water Research Center juga menemukan bahwa faktor DO adalah salah satu faktor paling paling penting dalam produksi ikan.

Harga DO Meter YSI, Harga DO Meter Lutron, Jual DO Meter Lutron 5510, Jual DO Meter Lutron, Harga DO Meter, Jual Dissolved Oxygen Meter, Jual DO Meter Murah
Harga DO meter lutron 5510 murah di Lampung
Berikut adalah level DO bagi beberapa jenis ikan dan makhluk akuatik yang biasa dibudidayakan yang Ady Water temukan dari berbagai sumber.

Udang: DO level 5.0-7.0 mg/L

Kepiting bakau: DO level 5.51 mg/L

Lele Afrika: DO level 4 mg/L

Ikan Nila: DO level 6.0 – 6.5 mg/L

2. DO Meter untuk Purifikasi Air Minum
Air minum dengan level DO tinggi bagus karena akan memberikan rasa yang lebih baik. Namun, level DO yang tinggi akan mempercepat pengaratan pada perpipaan.

Oleh karena itu, industri yang memproduksi air minum biasanya menggunakan boiler bertekanan rendah dengan kadar DO dijaga tidak lebih dari 2.0 ppm.

Namun, ada juga air minum yang dijual dengan label AIR OKSIGEN. Memang, bisa jadi kadar DO pada air minum tersebut dibuat lebih tinggi dibandingkan air mineral biasanya. Tapi selisih level DO nya tidak lah terlalu signifikan.

3. DO Meter untuk Kontrol DO Hidroponik
Pada sistem hidroponik, tanaman ditumbuhkan dalam lingkungan tanpa tanah. Sumber nutrisi esensialnya berasal dari larutan nutrisi.

Para petani hidroponik biasa mengontrol parameter air seperti pH, EC/TDS, dan konsentrasi nutrisi spesifik. Namun, terkadang ada parameter yang kurang diperhatikan yaitu dissolved oxygen.

Oksigen ini penting untuk perkembangan akar, baik untuk respirasi aerobic akar dan untuk memberikan lingkungan yang mendukung untuk bakteri aerobic.

Kekurangan kadar oksigen akan mengakibatkan akar kurang berkembang, penyerapan nutrisi yang terbatas, serta bertambahnya populasi bakteri dan jamur yang tidak diinginkan.

Dalam blog yang dikeluarkan oleh Hanna Instruments, direkomendasikan kadar DO dijaga lebih besar dari 5 mg/L dengan cara aerasi.

Harga DO Meter YSI, Harga DO Meter Lutron, Jual DO Meter Lutron 5510, Jual DO Meter Lutron, Harga DO Meter, Jual Dissolved Oxygen Meter, Jual DO Meter Murah
Harga DO meter Hanna HI 9146 murah untuk hidroponik, kolam, WWTP
4. DO Meter untuk Pengolahan Air Limbah (WWTP / Wastewater Treatment Process)
Salah satu metode pengolahan air limbah adalah menggunakan bakteri limbah. Setelah meninggalkan tahapan treatment utama, limbah dipompa ke tangka aerasi.

Lumpur diisi oleh bakteri dan dicampur dengan oksigen murni untuk mempercepat proses oksidasi dengan memberikan oksigen pada bakteri aerobik.

Bakteri aerobik ini berperan untuk merubah limbah organic menjadi byproduk anorganik.

Dalam publikasi berjudul Dissolved Oxygen Measurement in Wastewater Treatment yang dikeluarkan emerson.com, sebagian besar plantasi menjaga kadar DO sekitar 2 mg/L.

5. DO Meter untuk Penelitian Laboratorium
Tersedia dua tipe DO meter: bench-top dan pocket. Kebanyakan Dissolved oxygen untuk laboratorium adalah bench-top, sementara untuk kebutuhan lapangan adalah pocket.

Studi terhadap parameter DO meliputi bidang akademik yang sangat luas. Pemahaman terhadap DO meliputi mulai dari program studi environmental, teknik kimia, hingga mikrobiologi.

6. DO Meter untuk Kontrol DO di Pembangkit Listrik
Dissolved oxygen adalah kontributor utama penyebab korosi / pengaratan pada pembangkit listrik. Keberadaan DO tergantung parameter desain dan bahan kimia yang dipakai.

Plantasi menggunakan treatment oksigenasi biasanya bekerja dengan air umpan berkonsentrasi antara  50 - 200 ppb oksigen.

Di sisi lain, pembangkit listrik dengan bahan larutan kimia tipe “All Volatile Treatment” (AVT) dikontrol dengan sistem siklus bertekanan tinggi dengan air umpan berkonsentrasi di bawah 5 ppb.

Tentu saja, DO meter untuk pembangkit listrik ini adalah DO meter khusus, bukan yang biasa dijual di pasaran.

7. DO Meter untuk Manufaktur Produk Fermentasi dan Budidaya Sel
Produk ini termasuk yogurt, probiotic, keju, mentega, dan setiap produk yang dibuat dengan metode fermentasi dan budidaya sel (cell culture).

Dalam fermenter / bioreactor, kadar DO rendah dapat mempengaruhi laju pertumbuhan, penerimaan nutrisi, perubahan selular da sintesis metabolit, menghasilkan produk dengan kualitas yang rendah.

Sementara, kadar DO tinggi menyebabkan pembentukan oksigen reaktif yang dapat mengoksidasi komponen dalam medium yang menyebabkan mutase sel.

Oleh karena itu, pengontrolan kadar DO secara akurat sangat dibutuhkan dalam menghasilkan produk fermentasi yang berkualitas khususnya untuk konsumsi manusia

8. DO Meter untuk Industri Soft Drink
Pengontrolan kadar DO pada produksi soft drink dibutuhkan untuk menjaga korosi kaleng oleh air minuman berkarbonasi.

Air soda biasanya memiliki kadar DO di bawah 4 mg/L. Jahagirdar dkk (2015) melakukan studi parameter air pada beberapa merk soft drink dan hasilnya adalah sebagai berikut (untuk parameter DO)

7-up 2.8 ppm
Appy Fizz 3.1 ppm
Coca-Cola 3.1 ppm
Duke 3.6 ppm
Mirinda 1.6 ppm
Mountain Dew 1.6 ppm
Pepsi 2.8 ppm
Slice 3.2 ppm
Sprite 3.0 ppm
Thumbs-up 2.8 ppm

Harga DO Meter YSI, Harga DO Meter Lutron, Jual DO Meter Lutron 5510, Jual DO Meter Lutron, Harga DO Meter, Jual Dissolved Oxygen Meter, Jual DO Meter Murah
Harga DO Meter YSI Pro 20 Murah untuk banyak aplikasi
9. DO Meter untuk Industri Tekstil
Salah satu industri yang menggunakan air dalam jumlah sangat banyak adalah industri tekstil.

Air digunakan dalam proses pewarnaan, pencetakan, pembilasan, pengukuran, pemutihan, finishing, dan lain-lain.

Air yang digunakan akan sangat berpengaruh baik pada pengaratan boiler maupun pada produk tekstil yang diproduksi.

Untuk mengontrol kadar DO pada industri tekstil, biasanya digunakan sodium sulfit dan resin water softener untuk mencegah korosi karena keberadaan DO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar